Sunday, April 15, 2012

5 TOEFL SKILL


Skill 1 (Subject and Verb)

Kita semua tahu bahwa dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject dan sebuah Verb.
Problem yang biasanya muncul sehubungan dengan Subject dan Verb adalah:
  1. Subject atau Verbnya tidak ada.
  2. Subject dan Verbnya tidak ada, atau
  3. Extra Subject and Extra Verb.
Contoh 1:
………………..was ringing continuously for hours.
(A) Loudly
(B) In the morning
(C) The phone
(D) The bells


Analisa:
  • Kalimat di atas memiliki Verb yaitu was ringing, tapi tidak memilikiSubject.
  • Dari pilihan jawaban; (A) Loudly dan (B) In the morning salah karena keduanya adalah adverb. Jawaban (D) The bells juga salah karena bells adalah plural dan tidak sesuai dengan was ringing yang berbentuk singular verb. Jawaban terbaik adalah (C) The phone karena phonesingular verb dan sesuai dengan singular verb was ringing.
 Contoh 2:
Newspapers _______ every morning and every evening.
(A) delivery
(B) are delivered
(C) on time
(D) regularly
Analisa:
  • Kalimat diatas memiliki Subject yaitu Newspapers, tapi tidak memilikiVerb.
  • Jawaban (A) delivery, (C) on time dan (D) regularly adalah salah karena mereka bukan subject. Jawaban (B) are delivered benar karena mereka adalah verb.

Skill 2 (Object of Preposition)

An object of a preposition adalah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang terletak setelah preposition (kata depan), seperti in, at, of to, by, behind, dan on yang befungsi membentuk sebuah prepositional phrase.
Contoh:
The trip (to the island) (on Saturday) will last (for three hours).
Kalimat diatas berisi tiga buah object of preposition; Island sebagai object of preposition dari to; Saturday sebagai object of preposition dari on danthree hours sebagai object of preposition dari for.
Padsa Structure Section TOEFL Test, object of preposition bisa membingungkan karena banyak yang menduga bahwa object of preposition adalah subject dari kalimat tersebut.
Contoh:
To Mike ____ was a big surprise.
(A) really
(B) the party
(C) funny
(D) when
Analisa:
  • Dari kalimat diatas, harus dipahami bahwa Mike (noun) bukalah Subject tapi object of preposition dari To.
  • Subject dari kalimat diatas tidak ada, sedangkan Verbnya adalah was.
  • Karena yang dibutuhkan adalah Subject, maka jawaban terbaik adalah (B), the party. Sedangkan (A), (C), dan (D) salah karena mereka bukanlah Subject.
Harus dingat bahwa:
Preposition diikuti oleh noun atau pronoun yang kemudian disebut object of preposition.
Jika sebuah kata adalah object of preposition, maka kata tersebut bukanlah sebuah Subject.
Exercise 2:
1. The name of the baby in the crib is Jack. (C)
Analisa:
  • The Crib bukanlah subjedct, tapi hanyalah Object of Preposition dari in.
  • Sedangkan Subjectnya adalah name dan Vernya adalah is.
2. By the next meeting of the class need to turn in the papers.( I)
Analisa:
  • the class bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari of.
  • Kalimat diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verb yaitu need to turn.
  • Kalimat yang benar seharusnya By the next meeting of the class they need to turn in the paper.

Skill 3 (Present Participles)

Present Participle adalah Verb + ing.
Contohnya:  studyingdrivingcooking
Penggunaan Present participle pada Structure section TOEFL test seringkali membingungkan karena fungsingya yang bisa sebagai part of a verb(bagian dari kata kerja) atau adjective (kata sifat).
1. Sebagai bagian dari kata kerja (Part of a verb)
.   Present participle (verb+ing) akan berfungsi sebagai part of a verb jika digunakan bersamaan dengan tobe (am, is, are, was, and were).
Contoh:   
The train is arriving at the station now.
  The students are talking in the classroom.
Analisa:
  • arriving adalah part of a verb karena ditemani oleh is (to be).
  • talking adalah part of a verb karena ditemani oleh are (to be)
2. Sebagai adjective (Kata Sifat)
Present participle (Verb + Ing) berfungsi sebagai adjective apabila tidak ditemani oleh to be (am, is, are, was and were).
Contoh:
The train arriving at the station now is an hour late.
The students talking in the class look very happy.
 Analisa:
  • arriving is adjective karena tidak ditemani oleh be. Sedangkan, Subject kalimat diatas adalah train dan verbnya adalah is.
  • talking adalah adjective karena tidak ditemani oleh be. Subject dari kalimat diatas adalah students dan verbnya adalah look.
Lihat contoh dibawah ini.
The film ____ appearing at the local theater is my favorite.
(A) now
(B) is
(C) it
(D) was
Analisa:
  • appearing bukanlah part of a verb tapi adjective.
  • Subject nya adalah film dan verbnya adalah is.
  • Jawaban (B), (C) atau (D) salah karena  kalimat diatas sudah memiliki verb.
  • Jawaban terbaik adalah (A) now.

EXERCISE 3:
Look at the following sentences and Check if they are correct (C) orincorrect (I).
1. The crying baby needs to be picked up. (C)
           ADJ.
     Analisa:
  • Kalimat diatas sudah benar karena crying berfungsi sebagai adjective.
  • Subject dari kalimat diatas adalah baby, sedangkan verb nya adalahneeds to be picked up
2. The clothes are lying the floor should go into the washing machine. (I)
                          VERB
    Analisa:
  • kalimat diatas salah karena are lying seharusnya lying dan berfungsi sebagai adjective bukan bagian dari kata kerja (part of a verb)..
  • Sedangkan kalimat yang benar adalah  The clothes lying the floor should go into the washing machine.
3. The waitress bringing the steaming soup to the waiting diners. (I)
    Analisa:
  • Kalimat diatas salah karena bringing seharusnya is bringing dan berfungsi sebagai part of a verb bukan adjective.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah  The waitress is bringing the steaming soup to the waiting diners.
4. Most of the striking workers are walking the picket line. (C)
    Analisa:
  • Kalimat diatas benar karena striking berfungsi sebagai adjective danwalking sebagai part of a verb.
  • Subject dari kalimat diatas adalah workers.
5. For her birthday, the child is getting a talking doll. (C)
Analisa:
  • Kalimat diatas sudah benar karena getting berfungsi sebagai part of a verb dan setelah ditambahkan is (tobe) menjadi complete verb.
  • Sedangkan Subject dari kalimat diatas adalah the child.

Skill 4 (Past Participles)

Past participle adalah Verb III dari kata kerja.
Contoh: taught, studied, left, cooked
Penggunaan Past Participle pada Structure Questions seringkali membingungkan karena neniliki dua fungsi, yaitu part of a verb (bagian dari kata kerja) dan adjective (kata sifat).
1. Sebagai part of a verb
Past participle akan berfungsi sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja) apabila ditemani oleh have, has, had and be (am, is, are, was, were).
Contoh:
  • The mailman has left a letter in the mailbox. (Left is part of a verb)
  • The classes were taught by Professor Smith. (Taught is part of a verb)
      Analisa:
  • Pada kalimat pertama, left adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh has.
  • Pada kalimat kedua, taught adalah bagian kari kata kerja karena ditemani oleh be (were)
2. Sebagai adjective
 Past Participle berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila tidak ditemani dengan have, has, had atau be (am, is, are, dan were).
Contoh:
  • The letter left in the mailbox was for me. (Left is ADJECTIVE)
  • The classes taught by Professor Smith were very interesting. (Taught is ADJECTIVE)
Analisa:
  • left adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have or to be. Sedangkan Subject dari kalimat pertama adalah The letter dan Verb nya adalah was.
  • taught adalah adjective karena tidak ditemani oleh has/have atau to be. Sedangkan Subject dan verb dari kalimat kedua adalah The classes danwere.
Contoh dibawah ini menunjukan bagaimana past participle bisa membingungkan.
The bread _____ baked this morning smelled delicious.

(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
Analisa:
  • baked bukanlan part of a verb, tapi adjective. Verb dari kalimat diatas adalah smelled dan Subject nya adalah The bread.
  • Jawaban (A) dan (B) salah karena baked adjective dan tidak membutuhkan helping verb.
  • Jawaban (C) salah karena kalimat diatas sudah memiliki Subject.
  • Jawaban terbaik adalah just.
EXERCISE 4: Each of the following sentences contains one or more past participles. Circle the past participles, and label them as adjectives or verbs. Then indicate if the sentences are correct (C) or incorrect (I).
1. The food is served in this restaurant is delicious. (Incorrect)
    Analisa:
  • is served harusnya served saja karena berfungsi sebagai adjective.
  • Sedangkan Subject nya adalah The food dan Verb nya adalah IS.
  • Kalimat yang benar adalah The food served in this restaurant is delicious.
2. The plane landed on the deserted runway. (Correct)
    Analisa:
  • Subject is The place and Verb is landed
  • Deserted adalah  adjective
3. The unexpected guests arrived just at dinnertime. (Correct)
Analisa:
  • unexpected adalah adjective.
  • Subject nya adalah guests dan Verb nya arrived.
4. The courses are listed in the catalogue are required courses. (Incorrect)
Analisa:
  • are listed seharusnya hanya listed dan berfungsi sebagai adjectivebukan part of a verb.
  • Subject nya adalah courses dan verbnya are required.
5. The teacher found the lost exam. (Correct)
Analisa:
  • lost adalah adjective.
  • Subject nya adalah teacher sedangkan verbnya adalah found.

Skill 5 (Coordinate Connector)

Yang dimaksud dengan Coordinate Connector adalah AND, BUT, OR, or SO
Banyak kalimat dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari dua klausa ( Klausa adalah kelompok kata yang paling sedikit terdiri dari satu Subject dan satu Verb (Predikat).
Ketika ada dua kalimat dalam Bahasa Inggris, kita harus menggabungkannya dengan benar. Saalahs atu cara untuk menggabungkan dua buah kalusa adalah dengan menggunakan AND, BUT, OR, or SO.
Contoh:
  1. The sun was shining and the sky was blue.
  2. The sky was blue, but it was very cold.
  3. It may rain tonight, or it may be clear.
  4. It was raining outside, so I took my umbrella.
Analisa:
  • Keempat kalimat diatas terdiri dari dua klausa dan semuanya di hubungkan dengan sebuah Coordinate Coonector dan sebuah Comma.
Contoh berikut ini akan menunjukan bagaimana Coordinate Connector di Tes di Structure Questions pada TOEFL Test.

Contoh:
I forgot my coat, ____ I got very cold.
(A) then
(B) so
(C) later
(D) as a result
Analisa:
  • Kalimat diatas memiliki dua  buah klausa:  I forgot my coat dan I got very cold. Untuk menghubungkannya, kita harus menggunakan sebuah Coonector. Kata Then (A), later (C), dan as a result (D) bukanlah Connector. Jadi jawaban terbaik adalah (B) karena so bisa menghubungkan kedua klausa tersebut dengan benar.
EXERCISE 5:
Exercise 5 dibawah ini fokus pada permasalahan Coordinate Connector.  Baca kalimatnya dan tentukan apakah jawabannya Correct (C) atau Incorrect (C).
1. The lawn needs water every day, or it will turn brown. (C)
    Analisa:
  • Kedua Klausa diatas sudah benar, begitu juga dengan Coordinate Connectornya.

2. The book was not long, it difficult to read. (I)
    Analisa:
  • Klausa kedua tidak memiliki verb (is) dan  Connector.
  • Kalimat yang benar adalah The book was not long, but it is difficult to read.

3. It was raining, so decided not to go camping. (I)
    Analisa:
  • Klausa/kalimat kedua tidak memiliki Subject. Tapi sudah memiliki connector, so.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah It was raining, so I decided not to go camping.

4. The material has been cut, and the pieces have been sewn together.(C)
    Analisa:
  • Kedua kalimat/klausa sudah benar begitu juga dengan connectornya

5. The patient took all the medicine, he did not feel much better.(I)
    Analisa:
  • Kedua kalimat/klausa diatas sudah benar, tapi belum ada connectornya.
  • Kalimat yang benar seharusnya adalah The patient took all the medicine,but he did not feel much better.



source:
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-questions-skill-1-subject-and.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-2-object-of.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-3-present.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-4-past.html
http://www.belajartoefl.net/2011/09/structure-skill-coordinate-connector.html