Friday, March 18, 2011

Metode ilmiah dalam penulisan karya ilmiah

Apa itu metode Ilmiah ?
Metode ilmiah Merupakan suatu prosedur (urutan langkah ) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah. Atau bisa dikatakan metode ilmiah ialah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara matematis berdasarkan bukti fisis.

PENGERTIAN METODE ILMIAH MENURUT PARA AHLI
Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.


KARAKTERISTIK ATAU KRITERIA METODE ILMIAH
Metode ilmiah bergantung pada karakterisasi yang cermat atas subjek investigasi. Adapun kriteria Metode ilmiah adalah sebagai berikut :
a. Berdasarkan fakta
Keterangan-keterangan yang ingin diperoleh dalam penelitian, baik akan dikumpulkan dan yang dianalisa harus sesuai fakta.
b. Bebas dari prasangka
Metode ilmiah harus jauh dari prasangka subjektif yang meliputi emosi dalam diri. Menggunakan suatu fakta haruslah dengan alas an dan bukti yang lengkap dan pembuktian yang objektif.
c. Menggunakan prinsip analisa
Dalam memahami serta memberi arti terhadap yang kompleks, harus digunakan prinsip analisa yaitu setiap masalah harus dicari sebab-musabab serta pemecahannya dengan menggunakan analisa logis.
d. Menggunakan hipotesa
Hipotesa mempunyai fungsi untuk membantu peneliti dalam tujuan yang ingin dicapai dari sebuah masalah yang sedang diamati. Sehingga hasil yang diperoleh akan mengenai sasaran dengan tepat.
e. Menggunakan ukuran obyektif
Pertimbangan-pertimbangan dalam metode ilmiah harus dibuat secara objektif dan dengan menggunakan pikiran yang waras.
f. Menggunakan teknik kuantifikasi
Dalam menggunakan teknik ini dalam memperlakukan data ukuran kuantitatif yang lazim digunakan adalah ukuran nominal, ranking dan rating.

TUJUAN METODE ILMIAH
Mendapatkan pengetahuan ilmiah yang rasional, yang teruji sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.

Apa manfaat mempelajari metode ilmiah?
Mengacu kepada pengertiannya "Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis."
Tentunya jika ingin menyampikan secara sistematis dan berdasrkan bukti fisis, yang biasanya juga dilakukan proses obervasi serta membentuk hipotesis sbg usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. jadi metode ilmiah sangat penting untuk para ilmuwan.



sumber: http://weaponsoffate30x.blogspot.com/2011/03/metode-ilmiah.html

No comments:

Post a Comment